Langsung ke konten utama

X ATU Dasar Kesehatan Ternak

Kali ini temannya : biosecurity

Permasalahan yg sering dialami dalam beternak adalah kesehatan ternak. Kesehatan Ternak adalah bagian yang tak dapat diabaikan begitu saja, mungkin kita menganggap ah.. Biasalah ternak sakit, palingan sebentar juga sembuh sendiri..
No... Tidak bisa seperti itu.

Aspek kesehatan ternak adalah hal yg utama selain bibit dan pakan. Seperti pepatah dalam raga yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Iya kan? Jika kesehatan ternak baik dan terpantau dengan seksama, maka keuntungan yg diperoleh juga bisa maksimal, karena apalah yg bisa didapat dari ternak yg sakit? Bisa jadi kerugian besar. Kerugian karena bibit yg bagus tapi karena kesalahan manajemen kesehatan buruk, maka tak ada artinya.

Begitupula jika hanya mengandalkan pakan yg berkualitas tapi kesehatan diabaikan, maka tetap dan dipastikan akan merugi. Ibarat kata, lebih baik mencegah daripada mengobati..

Prinsip ini perlu ditanamkan dalam dada peternak. Untuk menunjang dan menjalankan manajemen kesehatan ternak, diperlukan biosecurity. 

Biosecurity adalah program pencegahan penyakit atau bibit penyakit memasuki atau keluar dari lingkungan atau wilayah peternakan, baik yg dibawa oleh peternak ataupun pengunjung.

 Secara konseptual, biosecurity adalah program pencegahan, sehingga diperlukan teknik desinfeksi dan vaksinasi. Diharapkan dengan teknik ini, penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, fungi dna parasit tidak menyebar dalam kandnag apalagi keluar kandang, Begitupula yang dari luar kandang.

 Secara struktural : program biosecurity ini membahas tentang bagaimana sikap peternak, ternak, lingkungan kandnag dan lingkungan masyarakat mampu mensterilkan wilayahnya masing-masing agar penyakit tidak menyebar luas. 

Secara operasional, yang biasa disebut standar operasional prosedur disingkat SOP..
Digunakan untuk masing-masing jenis ternak yg dipelihara. Sehingga penangan setiap jenis berbeda sesuai kebutuhan teknik yg digunakan agar peternak, ternak dan lingkungan terbebas dari penyakit.

 Secara konsep dan Stuktiral biosecurity disepakati bahwa penting dan wajib diterapkan disetiap usaha peternakan, baik ternak Ruminansia seperti sapi, kambing, domba maupun kerbau. Berlaku juga untuk Ternak Unggas seperti ayam broiler, ayam Petelur maupun ayam kampung atau disebut ayam buras (bukan ras).

Biosecurity juga wajib diterapkan untuk aneka ternak. Jadi secara umum, program ini kudu dijalankan. Secara operasional, disesuaikan dengan jenis ternak yg dipelihara. Karena setiap ternak memiliki karakteristik dna penanganan yg berbeda, berbeda juga dalam ketahanan terhadap penyakit, sehingga SOP yg digunakan juga beragam. Akan tetapi secara umum,

SOP yg perlu dilaksanakan adalah pada bagian
1. Persiapan kandnag
2. Masa proses pemeliharaan
3. Penanganan kesehatan
4. Proses pemanenan.

 Bidang kesehatan?
ternak dalam program biosecurity ada beberapa program yg dilaksanakan yaitu

1. Sanitasi, adalah proses pemebrsohan kandang, peralatan kandnag dan lingkungan kandang agar nyaman, dna bersih dari sisa pemeliharaan dan tanaman yang merambat disekitar kandnag serta hewan hewan seperti kutu, serangga dan laba-laba. Tahapan Sanitasi pun perlu dipelajari (akan ada di materi selanjutnya)

 2. Fumigasi, proses mensterilkan kandang melalui pengasapan kandnag agar binatang Kecil atau serangga yg berada disela2 kandang dapat terjangkau yg dalam program Sanitasi tidak dapat dilakukan.

3. Desinfeksi, proses ini mensterilkan seluruh bagian kandnag dan peralatan menggunakan desinfektan. Desinfektan dapat diaplikasikan melalui proses dipping (pencelupan), melalui proses sprayer (penyemprotan) dan melalui proses perendaman selama 24 jam dalam larutan desinfektan.

 Sebagai pendalaman materi dan proses menemukan ide dari setiap bagian. Terutama dalam pemahaman menerapkan SOP, perlu juga memahami PEMBUATAN SOP itu sendiri. Soo.. Time is homework Silahkan dibuat SOP untuk setiap jenis ternak... Dibuat di kertas karton A3, agar bisa dipasang dan dipasang dalam ruang kelas atau dalam kandnag. Sehingga yang berkunjung ke kandnag dapat memahami syarat dan aturan dalam kandnag.. Selamat bekerja. Hasilnya bisa dishare disini ya...

Komentar

  1. Aku paling awan, kalau membahas agribisnis mbak, tapi aku salut banget sama orang yang ahli di bidang ini, karena kegiatan ini berhubungan langsung dengan kebutuhan sehari-hari kita.

    BalasHapus
  2. Geger Siska29 Juli 2019 12.06

    Biosecurity ini bisa digunakan untuk berbagai jenis ternak atau tertentu saja Mbak? Memang harus lengkap ya perawatannya kalo mau ternak kita sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utk semua jenis ternak.. Sama kayak merawat diri, kalau sehat pasti produktif tapi kalau tidak sehat ya.. Tidak maksimal...

      Hapus
    2. Utk semua jenis ternak.. Sama kayak merawat diri, kalau sehat pasti produktif tapi kalau tidak sehat ya.. Tidak maksimal...

      Hapus
  • ulasan yang menarik mba, saya klo pensiun pengen nyoba beternak hehehe... nyicil ilmunya dari sekrang. Makasih ya mba.

    BalasHapus
  • Enni Kurniasih29 Juli 2019 23.03

    Saya besar di keluarga peternak, Mbak. Mulai dari ternak ayam, sapi, penangkaran burung, pembiakan kelinci hingga pembesaran ikan. Ahh, jadi kangen almarhum papa. ❤

    BalasHapus
  • Nurul Fitri Fatkhani30 Juli 2019 03.27

    Baru saja ada sharing di sebuah grup yang membahas mengenai ternak. Kesehatan ternak memang penting ya...teman ada yang bercerita, gara-gara satu ayamnya sakit, 40 ekor lainnya juga ikut sakit dan mati.
    Beternak itu gak mudah ya, banyak aspek yang perlu diperhatikan

    BalasHapus
  • Sitatur Rohmah30 Juli 2019 04.59

    Tema yang menarik untuk dibaca, saya jarang baca tema yang seperti ini.
    Kalau boleh usul, coba bun dibikin seperti daftar yang ditulis menurun, insyaallah nanti lebih nyaman dibaca. By the way sapi, saat2 seperti sekarang lagi tinggi permintaannya.

    Semoga makin sukses ya bun, tulisan dan bisnis agribisnisnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih masukannya.. Padahal mengetiknya itu rapi loh, pas diposting jadi begini...

      Masih belajar menata blog. Belum rampung penataannya.

      Hapus

Posting Komentar

Development Is Supported By

Postingan populer dari blog ini

XI ATU Agribisnis Ternak Unggas Pedaging

Mari kita bahas materi kemarin sore..
Berhubung selesai diskusi materi dengan anak2. Kita langsung cusss ke kota, maklum akhir pekan.

Akhir pekan ini kita di kota, ada arisan keluarga sekaligus menghadiri undangan pernikahan tetangga di kota... Lets go.. Bismillah.

Sambil menanti pagi, mari kita pelajari kembali yang kita bahas kemarin sore.. Ready???.

Materi yang kita bahas adalah : persiapan Brooding / indukan ayam pedaging.

Sebelumnya sudah kita bahas soal persiapan kandang dna lingkungan, sudah kita praktek kan juga.. Sekarang kita berada di tahap persiapan. Brooding..

Yang perlu disiapkan adalah perlengkapan atau peralatan brooding. Tapi sebelumnya kita bahas dulu apa sih brooding?
Brooding adalah indukan atau tempat untuk DOC (Day Old Chick) atau anak ayam akan dipelihara dan disesuaikan dengan kebutuhan DOC yang sesuai dengan induknya. Dengan kata lain, brooding adalah induk buatan.

Kenapa perlu induk buatan?
Ya..
1. Sebagai pengganti induk
2. Mengkondisikan DOC dan anak ayam s…

Kelas XI ATU : Agribisnis Unggas Pedaging

Persiapan Brooding
Brooding adalah tempat pemeliharaan anak ayam yang disesuaikan kondisinya dengan kebutuhan anak ayam sebagaimana ketika ikut dengan induknya.
Kebutuhan anak ayam yang diperlukan adalah
1. Suhu sekitar 33-35 derajat celcius
2. Pakan dan air minum yang sesuai ada terus menerus (adlibitum)
3. Kondisi brooding nyaman, aman dan steril
4. Mudah dalam penanganan oleh peternak

Pada materi sebelumnya sdh dibahas tentang kebutuhan peralatan brooding yang harus disiapkan. Kali ini membahas hasil praktek membuat brooding.
Setelah semua peralatan tersedia, dihitung kebutuhan masing-masing peralatan sampai membuat brooding yang ideal buat anak ayam.

Kegiatan Praktek pun sudah dilakukan oleh kelas XI ATU dan hasilnya menjadi tugas laporan bagi setiap peserta didik.

Bagi peserta didik kelas XI ATU SMKN 6 Berau silakan diceritakan hasil praktek di kolom komentar. Setiap siswa menulis hasil praktek yang telah dilakukan.

Ditunggu tugasnya ya di komentar


XI ATU Agribisnis Ternak Unggas pedaging

Masih tahap persiapan kandang.

Ya...
Persiapan kandnag sangatlah penting agar sesuai dengan kebutuhan ternak yang akan dipelihara. Terutama untuk ayam pedaging yang cenderung rentan dan tidak tahan dengan kondisi yang tidak sesuai.
Soo.
Kita masih lanjut persiapan kandnag.
Yang dikerjakan hari ini adalah
1. Membersihkan lingkungan kandang, semua semak belukar yang ada disekitar kandnag dibersihkan menggunakan parang atau arit sehingga rumput-rumput liar tidak tambah menutup bagian kandang. Tujuan lain pembersihan lingkungan kandang adalah agar udara bebas masuk ke dalam kandnag tanpa terlindungi semak belukar.

2. Membersihkan selokan atau saluran air, bertujuan untuk mencegah air tidak mengalir atau tergenang yang dapat mengakibatkan jentik nyamuk berkembang biak dan dapat mengganggu kesehatan ternak yang akan dipelihara. Selain itu, bertujuan untuk mengatur aliran air terutama air pencucian tempat minum nantinya yang dapat menyebabkan sumber penyakit.

3. Yang ketiga yang dilakukan ad…