Langsung ke konten utama
Talk

Semua orang dikaruniai oleh Allah Swt talenta untuk berbicara, namun ada sebagian yang tidak sempurna bahkan ada sebagian kecil yang tidak diberi kemampuan tersebut.

Berbicara adalah menyampaikan ide, kesan dan harapan dalam bentuk audio yang diharapkan sipenerima mampu memahami ide, kesan dna harap kita.

Dari apa yang kita Sampaikan di harapkan sipenerima pesan mampu memahami sama persis apa ya g kita pahami, apa yang kita inginkan dan apa maksud dari ucapan kita.

Banyak hal yang bisa kita Sampaika  Mealalu bicara. Walaupun banyak juga yang kita tidak sampaikan dan merupakan rahasia kita atau pada saat yg kita rasakan waktunya untuk mengucapkannya.

Berbicara dengan orang yang lebih tua, berbicara dengan teman sebaya atau sejawat, berbicara dengan yang lebih muda, berbicara dengan orang yg sudah dikenal lama, berbicara dengan orang baru dikenal ataupun berbicara dengan orang yang tidak dikenal diperlukan  Teknik yang tepat dna sesuai.

Tujuannya tak lain adalah agar apa yang kita sampaikan sesuai dengan yang kita pikirkan dan diharapkan dapat diterima sama persis apa yang kita maksudnya dengan yang diterima oleh si pendengar.

Tips berbicara dengan baik
1. Berbicara dengan atasan
Selayaknya sebagai bawahan kita adalah diposisi tidak untuk menjatuhkan posisi atas. Sehingga dalam berbicara, kita mesti menempatkan sipendengar sebagai orang yang lebih penting atau yang lebih berkuasa. Dimana mereka butuh pengakuan lebih dan mudah terisnggung. Gunakan bahasa yang baik, bahasa sanjungan, pujian dan hindari kritikan.
2. Berbicara dengan  Teman sebaya atau sejawat
Bicara dengan teman sejawat atau sebaya perlu diperhatikan  Body leanguge dari sipendengar. Dari sana kita bisa tau bahwa apakah teman sejawat ini lagi bahagia, maka bicaralah yang menyenangkan. Tetapi jika sipendengar cenderung miring bahkan menghindar, maka bicaralah seperlunya saja, dna hindari menasehatinya.
3. Berrbicara dengan orang yang sudah lama dikenal
Berbica dengan  Orang yang sdh lama dikenal cenderung mereka sdh paham apa yang akan kita bicarakan, sehingga apapun yang biasa kita bicarakan dengan mereka lakukan sebagaimana biasanya. Bicaralah apa adanya. Karena mereka cenderung sdh paham juga dengan kita.
Ibarat pepatah
Bagi yang percaya dengan  Anda, mereka tidak akan peduli pendapat anda, pasti mereka langsung mengikuti, tetapi jika teman lama anda ini tidak menyukai kita, apapun yang kita bicarakan mereka tetap tidak akan percaya.
4. Berbicara dengn orang yang baru dikenal
Bicaralah hal hal yang umum orang bicarakan dan sedang tanding saat itu juga. Hindari membk arahkan dan membanggakan diri sendiri, karena ini akan membuat orang tersebut menilai negatif terhadap anda. Bicaralah jujur dan seperlunya, maka kita akan mendapatkan simpati darinya. Dan bis ajadi cocok.
5. Berbicara dengan orang yang lebih muda
Ajaklah bicara dengan memberikan beberapa aturan dan jarak antara dia dengan kota. Hal ini untuk mengajarkan kepadanya tentang adab yang perlu dijunjung tinggi terutama kepada yang lebih tua. Berikan kesempatan mengoreksi dan memberi ruang untuk menyampaikan isi hatinya, keinginannya da  Harapannya. Pahamilah dna berikan masukan masukan  Serta contoh contoh kehidupan kita, ceritakan keberhasilan kita dna kegagalan yang pernah kita alami.

Berbicarlah
Smapaiknlab
Dan denvarkanlah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

XI ATU Agribisnis Ternak Unggas Pedaging

Mari kita bahas materi kemarin sore..
Berhubung selesai diskusi materi dengan anak2. Kita langsung cusss ke kota, maklum akhir pekan.

Akhir pekan ini kita di kota, ada arisan keluarga sekaligus menghadiri undangan pernikahan tetangga di kota... Lets go.. Bismillah.

Sambil menanti pagi, mari kita pelajari kembali yang kita bahas kemarin sore.. Ready???.

Materi yang kita bahas adalah : persiapan Brooding / indukan ayam pedaging.

Sebelumnya sudah kita bahas soal persiapan kandang dna lingkungan, sudah kita praktek kan juga.. Sekarang kita berada di tahap persiapan. Brooding..

Yang perlu disiapkan adalah perlengkapan atau peralatan brooding. Tapi sebelumnya kita bahas dulu apa sih brooding?
Brooding adalah indukan atau tempat untuk DOC (Day Old Chick) atau anak ayam akan dipelihara dan disesuaikan dengan kebutuhan DOC yang sesuai dengan induknya. Dengan kata lain, brooding adalah induk buatan.

Kenapa perlu induk buatan?
Ya..
1. Sebagai pengganti induk
2. Mengkondisikan DOC dan anak ayam s…

Kelas XI ATU : Agribisnis Unggas Pedaging

Persiapan Brooding
Brooding adalah tempat pemeliharaan anak ayam yang disesuaikan kondisinya dengan kebutuhan anak ayam sebagaimana ketika ikut dengan induknya.
Kebutuhan anak ayam yang diperlukan adalah
1. Suhu sekitar 33-35 derajat celcius
2. Pakan dan air minum yang sesuai ada terus menerus (adlibitum)
3. Kondisi brooding nyaman, aman dan steril
4. Mudah dalam penanganan oleh peternak

Pada materi sebelumnya sdh dibahas tentang kebutuhan peralatan brooding yang harus disiapkan. Kali ini membahas hasil praktek membuat brooding.
Setelah semua peralatan tersedia, dihitung kebutuhan masing-masing peralatan sampai membuat brooding yang ideal buat anak ayam.

Kegiatan Praktek pun sudah dilakukan oleh kelas XI ATU dan hasilnya menjadi tugas laporan bagi setiap peserta didik.

Bagi peserta didik kelas XI ATU SMKN 6 Berau silakan diceritakan hasil praktek di kolom komentar. Setiap siswa menulis hasil praktek yang telah dilakukan.

Ditunggu tugasnya ya di komentar


XI ATU Agribisnis Ternak Unggas pedaging

Masih tahap persiapan kandang.

Ya...
Persiapan kandnag sangatlah penting agar sesuai dengan kebutuhan ternak yang akan dipelihara. Terutama untuk ayam pedaging yang cenderung rentan dan tidak tahan dengan kondisi yang tidak sesuai.
Soo.
Kita masih lanjut persiapan kandnag.
Yang dikerjakan hari ini adalah
1. Membersihkan lingkungan kandang, semua semak belukar yang ada disekitar kandnag dibersihkan menggunakan parang atau arit sehingga rumput-rumput liar tidak tambah menutup bagian kandang. Tujuan lain pembersihan lingkungan kandang adalah agar udara bebas masuk ke dalam kandnag tanpa terlindungi semak belukar.

2. Membersihkan selokan atau saluran air, bertujuan untuk mencegah air tidak mengalir atau tergenang yang dapat mengakibatkan jentik nyamuk berkembang biak dan dapat mengganggu kesehatan ternak yang akan dipelihara. Selain itu, bertujuan untuk mengatur aliran air terutama air pencucian tempat minum nantinya yang dapat menyebabkan sumber penyakit.

3. Yang ketiga yang dilakukan ad…

Development Is Supported By