Langsung ke konten utama

Mengapa Menulis di Blog

Nge-Blog Yukkk

Syarat – syarat dalam jenjang karier yang mesti dipersiapkan setiap tahun bermacam- macam. Mulai dari ijazah Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Universitas yang pernah ditempati belajar baik S1, S2 bahkan S3 yang pernah ditempuh.

Belum lagi syarat penunjang lainnya seperti Akte Kelahiran, Kartu Tanda Penduduk, sampai Karya Ilmiah yang awalnya hanya pubilkasi tingkat Sendiri (nda pede diekspos) sampai publikasi yang mesti diperlombakan. Semua syarat tersebut untuk memenuhi Kredit yang akan dihitung sesuai validitasnya. Jadi kalau punya karya ilmiah yang Cuma untuk dibaca sendiri, nda ada nilainya dimata para penilai (ngenes kan??) padhal kita nganggapnya sudah pepect dan tanpa cela.

Untuk mengasah diri dan mempersiapkan diri agar pede jika menghadapi tim penilai perlu latihan menulis karya ilmiah. Untuk mencapai target yang sesuai harapan tim tersebut butuh latihan merangkai kata, menyusun kalimat, menemukan ide dan content, memang sih, kadang punya ide yang seabrek – abrek seakan akan ingin ini, ingin itu. Tapi akhirnya menguap begitu saja…
Ya,, karena Cuma diangan – angan yang akan mudah hilang karena urusan besok mesti makan apa?, besok mau buat apa atau besok sudah sibuk dengan urusan remeh temeh lainnya.. akhirnya sang ide kabur.

Kaburnya sih nda jauh-jauh amat, paling sekitar 2 atau tiga kilo, tapi nyasarnya kebangetan, apalagi kalau penyakit pikun kumat, wassalam deh idenya. Apalagi pengen betul mengabadikan kejadian-kejadian menarik disekitar. Pengen curhat ketetangga, takut sekampung pada bisik-bisik. Mau curhat ke atasan… wow.. pertanggung jawabannya berat, jika belum matang ide, isu dan solusi konkritnya. 

Janganlah ditanya kalau mau konsultasi ke tim penilai, alamat di labrak tujuh turunan.
Jadinya ya, pengen menulis bebas beradab dan terarah dan yang terpenting tidak kabur kemana-mana.
Kalau besok-besok lagi kangen bisa langsung di cari tempatnya untuk dikunjungi.
Kalau besok-besok ada yang mau diperbaiki, bisa di baca berulang-ulang, dan langsung revisi
Kalau sudah matang, ya bisa diajukan ke BOS atau ke Tim Penilai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

XI ATU Agribisnis Ternak Unggas Pedaging

Mari kita bahas materi kemarin sore..
Berhubung selesai diskusi materi dengan anak2. Kita langsung cusss ke kota, maklum akhir pekan.

Akhir pekan ini kita di kota, ada arisan keluarga sekaligus menghadiri undangan pernikahan tetangga di kota... Lets go.. Bismillah.

Sambil menanti pagi, mari kita pelajari kembali yang kita bahas kemarin sore.. Ready???.

Materi yang kita bahas adalah : persiapan Brooding / indukan ayam pedaging.

Sebelumnya sudah kita bahas soal persiapan kandang dna lingkungan, sudah kita praktek kan juga.. Sekarang kita berada di tahap persiapan. Brooding..

Yang perlu disiapkan adalah perlengkapan atau peralatan brooding. Tapi sebelumnya kita bahas dulu apa sih brooding?
Brooding adalah indukan atau tempat untuk DOC (Day Old Chick) atau anak ayam akan dipelihara dan disesuaikan dengan kebutuhan DOC yang sesuai dengan induknya. Dengan kata lain, brooding adalah induk buatan.

Kenapa perlu induk buatan?
Ya..
1. Sebagai pengganti induk
2. Mengkondisikan DOC dan anak ayam s…

Kelas XI ATU : Agribisnis Unggas Pedaging

Persiapan Brooding
Brooding adalah tempat pemeliharaan anak ayam yang disesuaikan kondisinya dengan kebutuhan anak ayam sebagaimana ketika ikut dengan induknya.
Kebutuhan anak ayam yang diperlukan adalah
1. Suhu sekitar 33-35 derajat celcius
2. Pakan dan air minum yang sesuai ada terus menerus (adlibitum)
3. Kondisi brooding nyaman, aman dan steril
4. Mudah dalam penanganan oleh peternak

Pada materi sebelumnya sdh dibahas tentang kebutuhan peralatan brooding yang harus disiapkan. Kali ini membahas hasil praktek membuat brooding.
Setelah semua peralatan tersedia, dihitung kebutuhan masing-masing peralatan sampai membuat brooding yang ideal buat anak ayam.

Kegiatan Praktek pun sudah dilakukan oleh kelas XI ATU dan hasilnya menjadi tugas laporan bagi setiap peserta didik.

Bagi peserta didik kelas XI ATU SMKN 6 Berau silakan diceritakan hasil praktek di kolom komentar. Setiap siswa menulis hasil praktek yang telah dilakukan.

Ditunggu tugasnya ya di komentar


XI ATU Agribisnis Ternak Unggas pedaging

Masih tahap persiapan kandang.

Ya...
Persiapan kandnag sangatlah penting agar sesuai dengan kebutuhan ternak yang akan dipelihara. Terutama untuk ayam pedaging yang cenderung rentan dan tidak tahan dengan kondisi yang tidak sesuai.
Soo.
Kita masih lanjut persiapan kandnag.
Yang dikerjakan hari ini adalah
1. Membersihkan lingkungan kandang, semua semak belukar yang ada disekitar kandnag dibersihkan menggunakan parang atau arit sehingga rumput-rumput liar tidak tambah menutup bagian kandang. Tujuan lain pembersihan lingkungan kandang adalah agar udara bebas masuk ke dalam kandnag tanpa terlindungi semak belukar.

2. Membersihkan selokan atau saluran air, bertujuan untuk mencegah air tidak mengalir atau tergenang yang dapat mengakibatkan jentik nyamuk berkembang biak dan dapat mengganggu kesehatan ternak yang akan dipelihara. Selain itu, bertujuan untuk mengatur aliran air terutama air pencucian tempat minum nantinya yang dapat menyebabkan sumber penyakit.

3. Yang ketiga yang dilakukan ad…