Langsung ke konten utama

Kota Impian

Kota Impian

Kehidupan yang tenang, sunyi dari hiruk pikuk kendaraan, pagi hari terbangun oleh suara kokok ayam, suara sapi yang sedang menunggu jatah sarapan pagi, suara kambing kegirangan sudah mendapat jatah terlebih dahulu. harum bunga kopi yang diselimuti embun pagi. Wangi tanah basah yang semerbak menemani minum kopi diteras.

Kota kecil dikelilingi pegunungan, berderet rapi rumah yang tak lebih dari 50 buah. Mesin pakan ternak yang sudah bekerja sejak matahari mulai menampakkan sinarnya.

Setiap pagi dengan canda tawa dan saling sapa antar tetangga yang sedang menuju ke tempat kerja masing - masing, ada yang kekebun, ke kandang-kandang ternaknya, ada yg bertugas memantau keamanan kota, mengatur lalu lintas, sampai memastikan semua warga sudah berada di posisi masing-masing.

Ibu-ibu rumah tangga yang bertugas penuh mempersiapkan seluruh keperluan rumah dan penghuninya, menyiapkan sarapan pagi, seragam sekolah buat anak-anak, seragam kerja untuk suami dan menyelesaikan sisanya setelah semua penghuni rumah sudah berangkat.

Sambil menunggu anak-anak pulang sekolah, suami pulang kerja, ibu-ibu berkumpul, membahas permasalahan dna diskusi seputar makanan, sarapan, makan siang, cemilan yang sekali sebulan mengadakan demo masak makanan favorit keluarga masing-masing.

Senja diisi dengan cengkrama dengan keluarga, mengelilingi kota sambil jalan santai, atau sekedar duduk di tepi savanah yang terbentang luas sepanjang mata memandang.

Kota yang sejak dulu digabungkan sebagai kota teraman, kota terapi dan kota paling nyaman dengan kehidupan yg penuh toleransi. Kota yang paling terkenal dengan produksi susu dari sapi terbaik, negara yang paling Welcome dari negara mana saja.

Dalam impian penulis, sebagai kota teraman, ternyaman dan kota paling asri yang terletak dalam wilayah negara Australia, yang belakang sempat VIRAL dengan aksi penembakan sebuah mesjid oleh orang yang rasis dan sangat tidak bertanggungjawab.

Ya.. Kota dan negara New Zealand. Kota ini digambarkan oleh dosen-dosen saya dulu semasa kuliah sebagai negara paling nyaman. Sehingga sampai hari ini, negara yg paling ingin dikunjungi setelah Madinah dan Makkah adalah New Zealand..

Semoga





Komentar

Postingan populer dari blog ini

XI ATU Agribisnis Ternak Unggas Pedaging

Mari kita bahas materi kemarin sore..
Berhubung selesai diskusi materi dengan anak2. Kita langsung cusss ke kota, maklum akhir pekan.

Akhir pekan ini kita di kota, ada arisan keluarga sekaligus menghadiri undangan pernikahan tetangga di kota... Lets go.. Bismillah.

Sambil menanti pagi, mari kita pelajari kembali yang kita bahas kemarin sore.. Ready???.

Materi yang kita bahas adalah : persiapan Brooding / indukan ayam pedaging.

Sebelumnya sudah kita bahas soal persiapan kandang dna lingkungan, sudah kita praktek kan juga.. Sekarang kita berada di tahap persiapan. Brooding..

Yang perlu disiapkan adalah perlengkapan atau peralatan brooding. Tapi sebelumnya kita bahas dulu apa sih brooding?
Brooding adalah indukan atau tempat untuk DOC (Day Old Chick) atau anak ayam akan dipelihara dan disesuaikan dengan kebutuhan DOC yang sesuai dengan induknya. Dengan kata lain, brooding adalah induk buatan.

Kenapa perlu induk buatan?
Ya..
1. Sebagai pengganti induk
2. Mengkondisikan DOC dan anak ayam s…

Kelas XI ATU : Agribisnis Unggas Pedaging

Persiapan Brooding
Brooding adalah tempat pemeliharaan anak ayam yang disesuaikan kondisinya dengan kebutuhan anak ayam sebagaimana ketika ikut dengan induknya.
Kebutuhan anak ayam yang diperlukan adalah
1. Suhu sekitar 33-35 derajat celcius
2. Pakan dan air minum yang sesuai ada terus menerus (adlibitum)
3. Kondisi brooding nyaman, aman dan steril
4. Mudah dalam penanganan oleh peternak

Pada materi sebelumnya sdh dibahas tentang kebutuhan peralatan brooding yang harus disiapkan. Kali ini membahas hasil praktek membuat brooding.
Setelah semua peralatan tersedia, dihitung kebutuhan masing-masing peralatan sampai membuat brooding yang ideal buat anak ayam.

Kegiatan Praktek pun sudah dilakukan oleh kelas XI ATU dan hasilnya menjadi tugas laporan bagi setiap peserta didik.

Bagi peserta didik kelas XI ATU SMKN 6 Berau silakan diceritakan hasil praktek di kolom komentar. Setiap siswa menulis hasil praktek yang telah dilakukan.

Ditunggu tugasnya ya di komentar


XI ATU Agribisnis Ternak Unggas pedaging

Masih tahap persiapan kandang.

Ya...
Persiapan kandnag sangatlah penting agar sesuai dengan kebutuhan ternak yang akan dipelihara. Terutama untuk ayam pedaging yang cenderung rentan dan tidak tahan dengan kondisi yang tidak sesuai.
Soo.
Kita masih lanjut persiapan kandnag.
Yang dikerjakan hari ini adalah
1. Membersihkan lingkungan kandang, semua semak belukar yang ada disekitar kandnag dibersihkan menggunakan parang atau arit sehingga rumput-rumput liar tidak tambah menutup bagian kandang. Tujuan lain pembersihan lingkungan kandang adalah agar udara bebas masuk ke dalam kandnag tanpa terlindungi semak belukar.

2. Membersihkan selokan atau saluran air, bertujuan untuk mencegah air tidak mengalir atau tergenang yang dapat mengakibatkan jentik nyamuk berkembang biak dan dapat mengganggu kesehatan ternak yang akan dipelihara. Selain itu, bertujuan untuk mengatur aliran air terutama air pencucian tempat minum nantinya yang dapat menyebabkan sumber penyakit.

3. Yang ketiga yang dilakukan ad…

Development Is Supported By